4 Arti Kata Ajun di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'ajun' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat) dan nomina (kata benda).

Ajun

Adjektiva (kata sifat)

Menyimpang jauh dari sasaran (tujuan).

Nomina (kata benda)
  1. Pembantu (dalam jabatan).
    Contoh: ajun jaksa
  2. Kelompok pangkat golongan bintara tinggi dalam kepolisian di bawah perwira tamtama dan di atas bintara, yang mencakupi ajun inspektur polisi satu dan ajun inspektur polisi dua
  3. Maksud

Kata Turunan Ajun

  1. Diajun
  2. Mengajun
  3. Terajun

Gabungan Kata Ajun

  1. Ajun aktuaris
  2. Ajun brigadir polisi dua
  3. Ajun brigadir polisi satu
  4. Ajun brigadir polisi
  5. Ajun inspektur polisi dua
  6. Ajun inspektur polisi satu
  7. Ajun komisaris besar polisi
  8. Ajun komisaris polisi
  9. Ajun peneliti madya
  10. Ajun peneliti muda
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata ajun adalah menyimpang jauh dari sasaran (tujuan). Arti lainnya dari ajun adalah pembantu (dalam jabatan). Contoh: ajun jaksa.

Ajun memiliki 4 arti. Ajun memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga ajun dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. Ajun termasuk dalam ragam bahasa arkais.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata ajun adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Ajun memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga ajun dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Ajun