5 Arti Kata Anasir di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'anasir' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Anasir

Nomina (kata benda)
  1. Sesuatu (orang, paham, sifat dan sebagainya) yang menjadi bagian dari atau termasuk dalam keseluruhan (suasana, perkumpulan, gerakan dan sebagainya).
    Contoh: dalam pergerakan itu terdapat anasir yang kurang baik
  2. (menurut pendapat ahli pikir zaman dulu) zat pokok yang merupakan bagian dari segala benda.
    Contoh: orang memperkirakan bumi ini ada anasirnya, yaitu air, api, tanah dan hawa
  3. Unsur
  4. Segala yang ada di dunia
  5. Makhluk.
    Contoh: daun-daun pun tiada bergerak sebab angin tiada bertiup sedikit jua, seolah-olah segala anasir sama-sama menghormati hari yang mulia itu
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata anasir adalah sesuatu (orang, paham, sifat dan sebagainya) yang menjadi bagian dari atau termasuk dalam keseluruhan (suasana, perkumpulan, gerakan dan sebagainya). Contoh: dalam pergerakan itu terdapat anasir yang kurang baik. Arti lainnya dari anasir adalah (menurut pendapat ahli pikir zaman dulu) zat pokok yang merupakan bagian dari segala benda. Contoh: orang memperkirakan bumi ini ada anasirnya, yaitu air, api, tanah dan hawa.

Anasir memiliki 5 arti. Anasir adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Anasir memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga anasir dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Anasir