2 Arti Kata Aransemen di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 2 arti kata 'aransemen' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Aransemen

Nomina (kata benda)
  1. Penyesuaian komposisi musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen lain yang didasarkan pada sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah
  2. Usaha yang dilakukan terhadap sebuah karya musik untuk suatu pergelaran yang pengerjaannya bukan sekadar perluasan teknis, tetapi juga menyangkut pencapaian nilai artistik yang dikandungnya

Kata Turunan Aransemen

  1. Mengaransemen
  2. Mengaransemenkan
  3. Pengaransemen
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata aransemen adalah penyesuaian komposisi musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen lain yang didasarkan pada sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah. Arti lainnya dari aransemen adalah usaha yang dilakukan terhadap sebuah karya musik untuk suatu pergelaran yang pengerjaannya bukan sekadar perluasan teknis, tetapi juga menyangkut pencapaian nilai artistik yang dikandungnya.

Aransemen memiliki 2 arti. Aransemen adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Aransemen memiliki arti dalam bidang ilmu musik.

Aransemen memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga aransemen dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Aransemen