5 Arti Kata Berdekam di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'berdekam' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Berdekam

Verba (kata kerja)
  1. Merendahkan tubuh dalam-dalam sambil berlutut dan menunduk (seperti ayam yang sedang mengeram, harimau yang hendak menerkam mangsanya, maling yang sedang bersembunyi)
  2. Selalu melekat dalam ingatan.
    Contoh: sukar melenyapkan cita-cita yang sudah lama berdekamdi hatiku
  3. Selalu tinggal di rumah saja
  4. Lama tinggal di suatu tempat (tidak berpindah-pindah)
  5. Meringkuk.
    Contoh: terpaksa ia harus berdekamdi rumah sakit untuk perawatan tulangnya yang patah
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata berdekam adalah merendahkan tubuh dalam-dalam sambil berlutut dan menunduk (seperti ayam yang sedang mengeram, harimau yang hendak menerkam mangsanya, maling yang sedang bersembunyi). Arti lainnya dari berdekam adalah selalu melekat dalam ingatan. Contoh: sukar melenyapkan cita-cita yang sudah lama berdekamdi hatiku.

Berdekam memiliki 5 arti. Berdekam berasal dari kata dasar dekam. Berdekam adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Berdekam memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga berdekam dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Berdekam termasuk dalam ragam bahasa cakapan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Berdekam