8 Arti Kata Berkat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 8 arti kata 'berkat' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda) dan verba (kata kerja).

Berkat

Nomina (kata benda)
  1. Karunia Tuhan yang membawa kebaikan dalam hidup manusia.
    Contoh: semoga Tuhan melimpahkan berkatnya kepada kita
  2. Doa restu dan pengaruh baik (yang mendatangkan selamat dan bahagia) dari orang yang dihormati atau dianggap suci (keramat), seperti orang tua, guru, pemuka agama.
    Contoh: sebelum berangkat meninggalkan kampung halaman, dia memohon berkat kepada gurunya
  3. Makanan dan sebagainya yang dibawa pulang sehabis kenduri.
    Contoh: undangan itu masing-masing pulang dengan membawa berkat ke rumahnya
Verba (kata kerja)
  1. Mendatangkan kebaikan
  2. Bermanfaat
  3. Berkah.
    Contoh: uangnya banyak, tetapi tidak berkat
Lain-lain
  1. Karena
  2. Akibat dari.
    Contoh: berkat bantuannyalah kami dapat selamat kembali ke kampung

Kata Turunan Berkat

  1. Keberkatan
  2. Memberkati
  3. Pemberkatan
  4. Terberkati
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata berkat adalah karunia Tuhan yang membawa kebaikan dalam hidup manusia. Contoh: semoga Tuhan melimpahkan berkatnya kepada kita. Arti lainnya dari berkat adalah doa restu dan pengaruh baik (yang mendatangkan selamat dan bahagia) dari orang yang dihormati atau dianggap suci (keramat), seperti orang tua, guru, pemuka agama. Contoh: sebelum berangkat meninggalkan kampung halaman, dia memohon berkat kepada gurunya.

Berkat memiliki 8 arti. Berkat adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Berkat memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga berkat dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan dan verba atau kata kerja sehingga berkat dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Berkat termasuk dalam ragam bahasa cakapan. Berkat memiliki arti dalam kelas partikel yaitu kata yang tidak tertakluk pada perubahan bentuk dan hanya berfungsi menampilkan unsur yang diiringinya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Berkat