6 Arti Bertumpuk-Tumpuk di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'bertumpuk-tumpuk' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Bertumpuk-Tumpuk

Verba (kata kerja)
  1. Berkelompok-kelompok (sekumpulan-sekumpulan).
    Contoh: bertumpuk-tumpuk pulau besar dan kecil, rumah makan itu sangat laku, setiap hari yang makan bertumpuk-tumpuk
  2. Banyak sekali, padat sekali dan sebagainya.
    Contoh: bertumpuk-tumpuk kendaraan bermotor di jakarta, kartu lebaran bertumpuk-tumpuk di mejanya, uangnya bertumpuk-tumpuk
  3. Setempat-setempat, tidak rata (tentang warna).
    Contoh: warna putih bertumpuk-tumpuk pada dasar biru, dimaksudkan sebagai awan yang melayang-layang di langit
  4. Bersusun-susun
  5. Bertimbun-timbun
  6. Bertumpang-tindih.
    Contoh: bertumpuk-tumpuk buku yang masih belum laku
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata bertumpuk-tumpuk adalah berkelompok-kelompok (sekumpulan-sekumpulan). Contoh: bertumpuk-tumpuk pulau besar dan kecil, rumah makan itu sangat laku, setiap hari yang makan bertumpuk-tumpuk. Arti lainnya dari bertumpuk-tumpuk adalah banyak sekali, padat sekali dan sebagainya. Contoh: bertumpuk-tumpuk kendaraan bermotor di jakarta, kartu lebaran bertumpuk-tumpuk di mejanya, uangnya bertumpuk-tumpuk.

Bertumpuk-tumpuk memiliki 6 arti. Bertumpuk-tumpuk berasal dari kata dasar tumpuk. Bertumpuk-tumpuk adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Arti dari bertumpuk-tumpuk dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan bertumpuk-tumpuk dapat bukan dalam arti yang sebenarnya. Bertumpuk-tumpuk memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga bertumpuk-tumpuk dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Bertumpuk-Tumpuk