5 Arti Kata Birah di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'birah' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda) dan adjektiva (kata sifat).

Birah

Nomina (kata benda)
  1. Talas yang besar dan getahnya gatal, dapat menimbulkan gatal apabila kena kulit, umbinya enak setelah direbus dan sebagainya
  2. Alocasia macrorrhiza (ada bermacam-macam), seperti birah air tumbuhan terna, batangnya sebesar dua jari
  3. Lidah gajah
  4. Aglaonema oblongifolium
Adjektiva (kata sifat)

Gatal.

Kata Turunan Birah

  1. Kebirahan

Peribahasa Birah

  1. Seperti birah tidak berurat
  2. Seperti birah tumbuh di tepi lesung
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata birah adalah talas yang besar dan getahnya gatal, dapat menimbulkan gatal apabila kena kulit, umbinya enak setelah direbus dan sebagainya. Arti lainnya dari birah adalah alocasia macrorrhiza (ada bermacam-macam), seperti birah air tumbuhan terna, batangnya sebesar dua jari.

Birah memiliki 5 arti. Birah adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari birah dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan birah dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

Birah memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga birah dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan dan adjektiva atau kata sifat sehingga birah dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Birah