7 Arti Kata Cair di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 7 arti kata 'cair' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat).

Cair

Adjektiva (kata sifat)
  1. Bersifat seperti air, tidak padat dan tidak berupa gas.
    Contoh: air raksa ialah benda cair
  2. Bocor (tentang rahasia, berita, atau kabar)
  3. (sudah) dapat diuangkan (tentang surat keputusan untuk memakai uang negara dari kas negara atau kantor perbendaharaan negara)
  4. Lemah (kurang giat, kurang bersemangat)
  5. Fase zat yang molekulnya secara relatif bebas mengubah kedudukan yang satu terhadap yang lain, tetapi terkendala oleh gaya kohesif untuk mempertahankan volumenya yang relatif tetap
  6. Bersifat tidak kental (tidak pekat, tidak beku)
  7. Encer.
    Contoh: bubur cair, larutan yang cair

Kata Turunan Cair

  1. Cairan
  2. Cecairan
  3. Mencair
  4. Mencairkan
  5. Pencairan

Gabungan Kata Cair

  1. Cairan antiseptik
  2. Cairan gas bumi
  3. Cairan pengencer
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata cair adalah bersifat seperti air, tidak padat dan tidak berupa gas. Contoh: air raksa ialah benda cair. Arti lainnya dari cair adalah bocor (tentang rahasia, berita, atau kabar).

Cair memiliki 7 arti. Cair adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Cair memiliki arti dalam bidang ilmu fisika.

Arti dari cair dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan cair dapat bukan dalam arti yang sebenarnya. Cair memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga cair dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Daftar IsiArtikel Terkait
Cair