4 Arti Kata Catatan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'catatan' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Catatan

Nomina (kata benda)
  1. Hasil mencatat.
    Contoh: catatan harga, catatan rapat
  2. Kata di dalam sebuah buku yang masih perlu dijelaskan (kata itu diberi tanda, yang diulang pada tempat lain dan di belakang tanda diberi penjelasan, biasanya dicetak dengan huruf yang lebih kecil daripada teksnya)
  3. Peringatan
  4. Syarat.
    Contoh: saya dapat meminjamkan kamus ini kepada anda dengan catatan bahwa kamus ini hendaknya dipelihara baik-baik
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata catatan adalah hasil mencatat. Contoh: catatan harga, catatan rapat. Arti lainnya dari catatan adalah kata di dalam sebuah buku yang masih perlu dijelaskan (kata itu diberi tanda, yang diulang pada tempat lain dan di belakang tanda diberi penjelasan, biasanya dicetak dengan huruf yang lebih kecil daripada teksnya).

Catatan memiliki 4 arti. Catatan berasal dari kata dasar catat. Catatan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Catatan memiliki arti dalam bidang ilmu grafika. Catatan memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga catatan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Catatan