4 Arti Kata Deklinasi di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'deklinasi' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Deklinasi

Nomina (kata benda)
  1. Perubahan ke arah yang lebih kecil, lemah, atau rendah
  2. Sudut yang dibentuk oleh jarum magnet (pada kompas) dengan arah utara
  3. Sistem fleksi mengenai bentuk (nomina, adjektiva, pronomina dan sebagainya) untuk menyatakan perbedaan kategori (genus atau kasus)
  4. Jarak sudut pada bola langit antara benda langit dan ekuator langit, diukur pada meridian yang melalui benda langit itu

Gabungan Kata Deklinasi

  1. Deklinasi kompas
  2. Deklinasi kuat
  3. Deklinasi lemah
  4. Deklinasi negatif
  5. Deklinasi positif
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata deklinasi adalah perubahan ke arah yang lebih kecil, lemah, atau rendah. Arti lainnya dari deklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh jarum magnet (pada kompas) dengan arah utara.

Deklinasi memiliki 4 arti. Deklinasi adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Deklinasi memiliki arti dalam bidang ilmu fisika, linguistik dan geografi dan geologi.

Deklinasi memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga deklinasi dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Deklinasi