5 Arti Kata Dependensi di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'dependensi' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Dependensi

Nomina (kata benda)
  1. Hubungan antara unsur-unsur gramatikal dengan salah satu sebagai penguasa dan yang lain sebagai unsur bergantung (dikuasai), misalnya frasa verba menguasai frasa nomina pada tataran klausa, vokal (inti) menguasai konsonan pada tataran suku kata
  2. Keadaan bergantung kepada orang lain karena belum dapat hidup sendiri (tentang orang)
  3. Ketergantungan
  4. Keadaan tidak merdeka, di bawah kekuasaan atau pengaruh negara lain (tentang negara)
  5. Keadaan dijajah
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata dependensi adalah hubungan antara unsur-unsur gramatikal dengan salah satu sebagai penguasa dan yang lain sebagai unsur bergantung (dikuasai), misalnya frasa verba menguasai frasa nomina pada tataran klausa, vokal (inti) menguasai konsonan pada tataran suku kata. Arti lainnya dari dependensi adalah keadaan bergantung kepada orang lain karena belum dapat hidup sendiri (tentang orang).

Dependensi memiliki 5 arti. Dependensi adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Dependensi memiliki arti dalam bidang ilmu linguistik.

Dependensi memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga dependensi dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Dependensi