3 Arti Kata Dosis di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'dosis' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Dosis

Nomina (kata benda)
  1. Takaran obat untuk sekali pakai (dimakan, diminum, disuntikkan dan sebagainya) dalam jangka waktu tertentu.
    Contoh: pasien itu pingsan karena menelan pil melebihi dosis yang ditentukan oleh dokter
  2. Ukuran pengobatan yang harus diberikan untuk jangka waktu tertentu (tentang radiasi atau penyinaran pada daerah atau bagian tubuh tertentu)
  3. Jumlah energi atau tenaga yang diberikan oleh zarah pengion kepada suatu satuan massa bahan yang disinari atau diradiasi pada tempat yang diselidiki atau diminati

Kata Turunan Dosis

  1. Berdosis

Gabungan Kata Dosis

  1. Dosis ambang
  2. Dosis maut
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata dosis adalah takaran obat untuk sekali pakai (dimakan, diminum, disuntikkan dan sebagainya) dalam jangka waktu tertentu. Contoh: pasien itu pingsan karena menelan pil melebihi dosis yang ditentukan oleh dokter. Arti lainnya dari dosis adalah ukuran pengobatan yang harus diberikan untuk jangka waktu tertentu (tentang radiasi atau penyinaran pada daerah atau bagian tubuh tertentu).

Dosis memiliki 3 arti. Dosis adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Dosis memiliki arti dalam bidang ilmu kedokteran dan fisiologi dan fisika.

Dosis memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga dosis dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Dosis