3 Arti Kata Durian di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'durian' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Durian

Nomina (kata benda)
  1. Buah durian, berkulit tebal dan berduri, berbentuk bundar lonjong atau bundar telur, dagingnya berwarna putih, kuning tua atau putih kekuning-kuningan, berbau tajam dan dapat memabukkan
  2. Pohon yang batangnya lurus, tingginya sekitar 2040 m, dahannya jarang, kulit batangnya kasar dan berwarna kelabu, bunga tersusun dalam malai, berwarna kuning
  3. Durio zibethinus

Gabungan Kata Durian

  1. Bagai mendapat durian runtuh
  2. Seperti durian dengan mentimun
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata durian adalah buah durian, berkulit tebal dan berduri, berbentuk bundar lonjong atau bundar telur, dagingnya berwarna putih, kuning tua atau putih kekuning-kuningan, berbau tajam dan dapat memabukkan. Arti lainnya dari durian adalah pohon yang batangnya lurus, tingginya sekitar 2040 m, dahannya jarang, kulit batangnya kasar dan berwarna kelabu, bunga tersusun dalam malai, berwarna kuning.

Durian memiliki 3 arti. Durian adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Durian memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga durian dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Durian