2 Arti Kata Eksepsi di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 2 arti kata 'eksepsi' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Eksepsi

Nomina (kata benda)
  1. Pengecualian
  2. Tangkisan atau pembelaan yang tidak menyinggung isi surat tuduhan (gugatan), tetapi berisi permohonan agar pengadilan menolak perkara yang diajukan oleh penggugat karena tidak memenuhi persyaratan hukum.
    Contoh: dalam perkara itu pembela mengajukan eksepsi kepada jaksa karena terdakwa menderita penyakit jiwa

Gabungan Kata Eksepsi

  1. Eksepsi muatan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata eksepsi adalah pengecualian. Arti lainnya dari eksepsi adalah tangkisan atau pembelaan yang tidak menyinggung isi surat tuduhan (gugatan), tetapi berisi permohonan agar pengadilan menolak perkara yang diajukan oleh penggugat karena tidak memenuhi persyaratan hukum. Contoh: dalam perkara itu pembela mengajukan eksepsi kepada jaksa karena terdakwa menderita penyakit jiwa.

Eksepsi memiliki 2 arti. Eksepsi adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Eksepsi memiliki arti dalam bidang ilmu hukum.

Eksepsi memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga eksepsi dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Eksepsi