2 Arti Kata Federasi di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 2 arti kata 'federasi' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Federasi

Nomina (kata benda)
  1. Gabungan beberapa perhimpunan yang bekerja sama dan seakan-akan merupakan satu badan, tetapi tetap berdiri sendiri.
    Contoh: persatuan bulu tangkis seluruh indonesia tergabung dalam federasi bulu tangkis internasional
  2. Gabungan beberapa negara bagian yang dikoordinasi oleh pemerintah pusat yang mengurus hal-hal mengenai kepentingan nasional seluruhnya (seperti keuangan, urusan luar negeri dan pertahanan)
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata federasi adalah gabungan beberapa perhimpunan yang bekerja sama dan seakan-akan merupakan satu badan, tetapi tetap berdiri sendiri. Contoh: persatuan bulu tangkis seluruh indonesia tergabung dalam federasi bulu tangkis internasional. Arti lainnya dari federasi adalah gabungan beberapa negara bagian yang dikoordinasi oleh pemerintah pusat yang mengurus hal-hal mengenai kepentingan nasional seluruhnya (seperti keuangan, urusan luar negeri dan pertahanan).

Federasi memiliki 2 arti. Federasi adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Federasi memiliki arti dalam bidang ilmu politik dan pemerintahan.

Federasi memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga federasi dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Federasi