3 Arti Kata Gadai di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'gadai' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja) dan nomina (kata benda).

Gadai

Verba (kata kerja)

Meminjam uang dalam batas waktu tertentu dengan menyerahkan barang sebagai tanggungan, jika telah sampai pada waktunya tidak ditebus, barang itu menjadi hak yang memberi pinjaman.

Nomina (kata benda)
  1. Barang yang diserahkan sebagai tanggungan utang
  2. Kredit jangka pendek dengan jaminan yang berlaku tiga bulan dan setiap kali dapat diperpanjang apabila tidak dihentikan oleh salah satu pihak yang bersangkutan

Kata Turunan Gadai

  1. Bergadai
  2. Gadaian
  3. Menggadai
  4. Pegadai
  5. Pegadaian
  6. Penggadai
  7. Penggadaian
  8. Tergadai

Gabungan Kata Gadai

  1. Gadai gelap

Peribahasa Gadai

  1. Gadai terdorong kependekand cina
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata gadai adalah meminjam uang dalam batas waktu tertentu dengan menyerahkan barang sebagai tanggungan, jika telah sampai pada waktunya tidak ditebus, barang itu menjadi hak yang memberi pinjaman. Arti lainnya dari gadai adalah barang yang diserahkan sebagai tanggungan utang.

Gadai memiliki 3 arti. Gadai adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Gadai memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga gadai dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya dan nomina atau kata benda sehingga gadai dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Gadai