5 Arti Kata Gambuh di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'gambuh' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Gambuh

Nomina (kata benda)
  1. Tembang macapat yang bentuknya ditentukan oleh jumlah baris pada bait, yaitu 5 baris, jumlah suku kata pada tiap baris, dari baris pertama 7, 10, 12, 8, 8 dan vokal akhir pada tiap baris, dari baris pertama, u, u, i, u, o
  2. Drama tari bali tertua yang menjadi sumber bentuk tari bali yang lain, gerak tariannya lebih tenang jika dibandingkan dengan tarian bali lainnya
  3. Tarian ritual, baik bertopeng atau tidak bertopeng pada upacara pembukaan pertunjukan wayang topeng atau ludruk
  4. Kesenian tradisional lama yang pernah ada di banyuwangi, semacam kesenian langendrian
  5. Penari gambuh

Kata Turunan Gambuh

  1. Bergambuh
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata gambuh adalah tembang macapat yang bentuknya ditentukan oleh jumlah baris pada bait, yaitu 5 baris, jumlah suku kata pada tiap baris, dari baris pertama 7, 10, 12, 8, 8 dan vokal akhir pada tiap baris, dari baris pertama, u, u, i, u, o. Arti lainnya dari gambuh adalah drama tari bali tertua yang menjadi sumber bentuk tari bali yang lain, gerak tariannya lebih tenang jika dibandingkan dengan tarian bali lainnya.

Gambuh memiliki 5 arti. Gambuh adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Gambuh memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga gambuh dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Gambuh