3 Arti Kata Garuda di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'garuda' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Garuda

Nomina (kata benda)
  1. Burung besar pemakan daging yang menyerupai elang dan mempunyai kekuatan terbang yang luar biasa (yang sudah punah dan sekarang hanya ada dalam dongeng)
  2. Lambang negara indonesia (berupa gambar burung garuda dengan bulu sayap berjumlah 17, bulu ekor 8, bulu leher 45, cakar mencengkeram pita bertuliskan bhinneka tunggal ika dan berperisai lambang pancasila di dadanya)
  3. Nama perusahaan penerbangan negara indonesia
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata garuda adalah burung besar pemakan daging yang menyerupai elang dan mempunyai kekuatan terbang yang luar biasa (yang sudah punah dan sekarang hanya ada dalam dongeng). Arti lainnya dari garuda adalah lambang negara indonesia (berupa gambar burung garuda dengan bulu sayap berjumlah 17, bulu ekor 8, bulu leher 45, cakar mencengkeram pita bertuliskan bhinneka tunggal ika dan berperisai lambang pancasila di dadanya).

Garuda memiliki 3 arti. Garuda adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Garuda memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga garuda dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Garuda termasuk dalam ragam bahasa cakapan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Garuda