5 Arti Kata Gempar di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'gempar' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat) dan nomina (kata benda).

Gempar

Adjektiva (kata sifat)
  1. Geger atau ramai sekali (karena ada kabar buruk, kerusuhan, hal yang ajaib, keributan).
    Contoh: mendengar anak-anaknya terlanggar mobil gemparlah seisi rumah itu
  2. Seru
  3. Hebat
Nomina (kata benda)
  1. Ikan laut, berbentuk pipih, berwarna keperakan, panjang mencapai 14 cm, hidup di dasar perairan tropis dengan kedalaman sampai 40 m, tersebar di perairan teluk aden, sepanjang pantai india dan srilangka, pakistan, bagian timur sampai filipina
  2. Leiognathus daura

Kata Turunan Gempar

  1. Kegemparan
  2. Menggemparkan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata gempar adalah geger atau ramai sekali (karena ada kabar buruk, kerusuhan, hal yang ajaib, keributan). Contoh: mendengar anak-anaknya terlanggar mobil gemparlah seisi rumah itu. Arti lainnya dari gempar adalah seru.

Gempar memiliki 5 arti. Gempar adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Gempar memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga gempar dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Gempar memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga gempar dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Gempar