4 Arti Kata Gerantang di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'gerantang' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Gerantang

Nomina (kata benda)
  1. Bunyi (suara) ramai tidak keruan
  2. Alat musik sejenis calung dengan beberapa bumbung yang panjangnya berbeda-beda dan tersusun pada sebuah rak, dimainkan dengan dua pemukul, digunakan dalam gamelan, kolintang dan angklung
  3. Sua-ra keras untuk menakut-nakuti
  4. Gertak

Kata Turunan Gerantang

  1. Menggerantang

Gabungan Kata Gerantang

  1. Gerantang keling
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata gerantang adalah bunyi (suara) ramai tidak keruan. Arti lainnya dari gerantang adalah alat musik sejenis calung dengan beberapa bumbung yang panjangnya berbeda-beda dan tersusun pada sebuah rak, dimainkan dengan dua pemukul, digunakan dalam gamelan, kolintang dan angklung.

Gerantang memiliki 4 arti. Gerantang adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari gerantang dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan gerantang dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

Gerantang memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga gerantang dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Gerantang memiliki arti dalam bidang ilmu musik.

Daftar IsiArtikel Terkait
Gerantang