Implisit

Implisit memiliki 6 arti. Implisit adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Implisit memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga implisit dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Berikut ini adalah definisi implisit menurut rangkuman dari berbagai referensi.
gambar implisit ilustrasi

Pengertian

Kelas: adjektiva (kata sifat)
Implisit adalah termasuk (terkandung) di dalamnya (meskipun tidak dinyatakan secara jelas atau terang-terangan). Implisit juga berarti tersimpul di dalamnya. Implisit juga berarti terkandung halus. Implisit juga berarti tersirat

Kelas: adjektiva (kata sifat)
Implisit adalah mutlak tanpa ragu-ragu. Implisit juga berarti secara tulus (tentang kepercayaan, dukungan, kepaTuhan, dan sebagainya)

Kata Turunan

Mengimplisitkan adalah menjadikan terkandung di dalamnya, tetapi tidak dinyatakan secara jelas. Mengimplisitkan juga berarti membuat tersirat

Terimplisit adalah terkandung di dalam

Kesimpulan

Implisit adalah termasuk (terkandung) di dalamnya (meskipun tidak dinyatakan secara jelas atau terang-terangan), tersimpul di dalamnya, terkandung halus, tersirat. Arti lainnya dari implisit adalah mutlak tanpa ragu-ragu, secara tulus (tentang kepercayaan, dukungan, kepatuhan dan sebagainya).