6 Arti Kata Ingatan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'ingatan' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Ingatan

Nomina (kata benda)
  1. Alat (daya batin) untuk mengingat atau menyimpan sesuatu yang pernah diketahui (dipahami, dipelajari dan sebagainya).
    Contoh: sekarang ingatanku tidak sekuat dulu
  2. Apa yang terbit dalam hati (seperti niat atau cita-cita).
    Contoh: ingatanku hanya satu agar berjumpa dengan dia sebelum aku mati, ingatannya bercabang banyak karena banyak yang diingati, tidak hanya satu yang dipikirkan
  3. Apa yang diingat (teringat)
  4. Apa yang terbayang dalam pikiran.
    Contoh: sepanjang ingatanku, ia pernah juga mengajar di sekolah guru
  5. Pikiran (dalam arti angan-angan)
  6. Kesadaran.
    Contoh: ingatannya melayang lagi ke rumah yang baru dikunjunginya
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata ingatan adalah alat (daya batin) untuk mengingat atau menyimpan sesuatu yang pernah diketahui (dipahami, dipelajari dan sebagainya). Contoh: sekarang ingatanku tidak sekuat dulu. Arti lainnya dari ingatan adalah apa yang terbit dalam hati (seperti niat atau cita-cita). Contoh: ingatanku hanya satu agar berjumpa dengan dia sebelum aku mati, ingatannya bercabang banyak karena banyak yang diingati, tidak hanya satu yang dipikirkan.

Ingatan memiliki 6 arti. Ingatan berasal dari kata dasar ingat. Ingatan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Ingatan memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga ingatan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Ingatan