Izkyla
Moch Rizky Prasetya KurniadiSeseorang noobgrammer sekaligus mobile gamer yang lahir dan tumbuh di Ngawi, Jawa Timur, Indonesia.
gambar jamak takdim ilustrasi

Arti Jamak Takdim Di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jamak takdim berasal dari kata dasar jamak. Jamak takdim memiliki arti dalam bidang ilmu agama islam.

Arti istilah jamak takdim

Dasar: jamak
Bidang: agama islam
Jenis: -
Kelas: -
Ragam: -
Lain: -
Arti istilah jamak takdim adalah penggabungan pelaksanaan dua salat dalam satu waktu dengan cara memajukan salat yang belum masuk waktu ke dalam salat yang telah masuk waktunya (seperti penggabungan pelaksanaan salat asar dengan salat zuhur pada waktu zuhur atau pelaksanaan salat isya dengan salat magrib pada waktu magrib)

Arti kata jamak

Arti kata jamak adalah lazim. Jamak juga berarti tidak aneh. Jamak juga berarti lumrah. Jamak juga berarti wajar
Contoh: Sudah jamak bahwa setiap perjuangan meminta pengorbanan

Arti kata jamak adalah bentuk kata yang menyatakan lebih dari satu atau banyak
Contoh: Siswa-siswa atau para siswa adalah bentuk jamak dari kata siswa

Arti kata jamak adalah penggabungan (tentang salat wajib). Jamak juga berarti antara salat zuhur dan salat asar atau salat magrib dan salat isya

Kata dengan kata dasar jamak

Arti kata kejamakan adalah hal yang lazim (lumrah, biasa). Kejamakan juga berarti bukan hal yang istimewa

Arti kata menjamak adalah menggabung dua salat wajib (misalnya zuhur dengan asar atau magrib dengan isya) dalam satu waktu
Contoh: Musafir diberikan dispensasi untuk menjamak salatnya

Arti kata menjamakkan adalah menjadikan (menganggap) biasa

Arti kata menjamakkan adalah menjadikan bentuk jamak

Arti kata penjamakan adalah proses, cara, perbuatan menjamakkan

Arti kata sejamaknya adalah sepatutnya. Sejamaknya juga berarti memang demikian halnya. Sejamaknya juga berarti sewajarnya

Istilah dengan kata dasar jamak

Arti istilah jamak qasar adalah penggabungan sekaligus penyingkatan salat wajib (salat yang empat rakaat disingkat menjadi dua rakaat) yang kemudian digabung pelaksanaannya

Arti istilah jamak takhir adalah penggabungan pelaksanaan dua salat dalam satu waktu dengan cara mengundurkan salat yang sudah masuk waktu ke dalam waktu salat yang berikutnya (seperti penggabungan pelaksanaan salat zuhur dengan salat asar pada waktu asar, atau pelaksanaan salat magrib dengan isya pada waktu salat isya)

Kesimpulan

Definisi dan arti jamak takdim di KBBI adalah penggabungan pelaksanaan dua salat dalam satu waktu dengan cara memajukan salat yang belum masuk waktu ke dalam salat yang telah masuk waktunya (seperti penggabungan pelaksanaan salat asar dengan salat zuhur pada waktu zuhur atau pelaksanaan salat isya dengan salat magrib pada waktu magrib). Jamak takdim berasal dari kata dasar jamak. Jamak takdim memiliki arti dalam bidang ilmu agama islam.

Demikian arti istilah jamak takdim di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring edisi III dan juga rangkuman dari berbagai sumber lainnya. Untuk melakukan validasi terhadap keakuratan dari rangkuman kami, silakan kunjungi laman KBBI Daring Resmi dan Tesaurus Daring Resmi dari istilah jamak takdim yang merupakan laman KBBI edisi V (terbaru) dan Tesaurus (terbaru) resmi dari Badan Pengembangan Bahasa Dan Pembukuan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Lektur.ID merupakan aplikasi web, android dan iOS dengan fitur Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan juga Tesaurus (antonim dan sinonim) daring (dalam jaringan / online) tidak resmi yang artinya diperlukan validasi terhadap keakuratan informasi yang ada. Meskipun demikian kami selalu berupaya untuk memberikan dan memerbaharui informasi semaksimal dan selengkap mungkin. Selain versi web, kamu juga bisa menginstal aplikasi kami di perangkat android dan iOS secara gratis dengan nama aplikasi Lektur.ID. Untuk kemudahan pembaharuan informasi, kami tidak menyediakan versi offline dari aplikasi kami. Semoga dapat bermanfaat. Anda dapat memberikan kritik, saran dan juga koreksi melalui halaman Hubungi Kami.

Terima kasih

Pencarian

Arti Antonim Sinonim Rima
^