4 Arti Kata Jebol di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'jebol' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja) dan adjektiva (kata sifat).

Jebol

Verba (kata kerja)
  1. Terangkat dari tempatnya tertanam (tentang tanaman) sampai ke akar-akarnya
  2. Tidak mampu menahan serangan lawan (misalnya dalam pertandingan)
  3. Tidak mampu mempertahankan nilai-nilai budaya yang dimiliki dalam menghadapi arus budaya lain (asing) yang melanda
Adjektiva (kata sifat)

Rusak parah (terbongkar) hingga tidak berfungsi (tentang tanggul air, dinding dan sebagainya) karena tidak mampu menahan benturan keras yang melanda.

Kata Turunan Jebol

  1. Jebolan
  2. Menjebol
  3. Menjebolkan

Gabungan Kata Jebol

  1. Menjebolkan gawang
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata jebol adalah terangkat dari tempatnya tertanam (tentang tanaman) sampai ke akar-akarnya. Arti lainnya dari jebol adalah tidak mampu menahan serangan lawan (misalnya dalam pertandingan).

Jebol memiliki 4 arti. Jebol adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari jebol dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan jebol dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

Jebol memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga jebol dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya dan adjektiva atau kata sifat sehingga jebol dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Daftar IsiArtikel Terkait
Jebol