6 Arti Kata Jenjang di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'jenjang' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda) dan adjektiva (kata sifat).

Jenjang

Nomina (kata benda)
  1. Palang bertingkat (dalam cabang senam) terbuat dari kayu yang dibulatkan, dipasang ke atas, berjejer dengan jarak antara 3040 cm, untuk latihan bergantung (dalam latihan otot perut, punggung dan sebagainya)
  2. Tingkat-tingkat yang beraturan dari bawah ke atas
  3. Tangga
  4. Tingkat
  5. Tahap.
    Contoh: sekarang banyak sekali jenjang kepangkatan yang dulu tidak ada
Adjektiva (kata sifat)

Panjang dan langsing (tentang leher).
Contoh: rambut gadis itu bersanggul rapi sehingga lehernya yang jenjang tampak indah.

Kata Turunan Jenjang

  1. Berjenjang

Gabungan Kata Jenjang

  1. Berjenjang-jenjang
  2. Jenjang pendidikan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata jenjang adalah palang bertingkat (dalam cabang senam) terbuat dari kayu yang dibulatkan, dipasang ke atas, berjejer dengan jarak antara 3040 cm, untuk latihan bergantung (dalam latihan otot perut, punggung dan sebagainya). Arti lainnya dari jenjang adalah tingkat-tingkat yang beraturan dari bawah ke atas.

Jenjang memiliki 6 arti. Jenjang adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Jenjang memiliki arti dalam bidang ilmu olahraga.

Jenjang memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga jenjang dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Jenjang memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga jenjang dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Daftar IsiArtikel Terkait
Jenjang