3 Arti Kata Kanan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'kanan' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Kanan

Nomina (kata benda)
  1. Partai atau golongan yang berhaluan moderat, yaitu berdasarkan asas keagamaan, kebangsaan, atau tradisi yang sudah ada di dalam percaturan politik dalam negeri sebagai lawan golongan kiri yang berhaluan keras dan berdasar pada sosialisme
  2. Arah, pihak, atau sisi bagian badan kita yang tidak berisi jantung
  3. Sisi (pihak) yang merupakan lawan dari kiri

Kata Turunan Kanan

  1. Menganan
  2. Menganankan
  3. Terkanan

Gabungan Kata Kanan

  1. Kanan dalam
  2. Kanan luar
  3. Kanan pentas
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kanan adalah partai atau golongan yang berhaluan moderat, yaitu berdasarkan asas keagamaan, kebangsaan, atau tradisi yang sudah ada di dalam percaturan politik dalam negeri sebagai lawan golongan kiri yang berhaluan keras dan berdasar pada sosialisme. Arti lainnya dari kanan adalah arah, pihak, atau sisi bagian badan kita yang tidak berisi jantung.

Kanan memiliki 3 arti. Kanan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Kanan memiliki arti dalam bidang ilmu politik dan pemerintahan.

Kanan memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kanan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Kanan