6 Arti Kata Karet di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'karet' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda) dan adjektiva (kata sifat).

Karet

Nomina (kata benda)
  1. Tumbuhan besar yang tingginya mencapai 25 m dan kulit batangnya menghasilkan getah yang digunakan sebagai bahan membuat ban, bola dan sebagainya
  2. Pohon para
  3. Hevea brassiliensis
  4. Getah (perca)
  5. Barang yang dibuat dari getah pohon para
Adjektiva (kata sifat)

Dapat (mudah) mulur dan mengerut (tidak tentu, tidak pasti dan sebagainya).

Kata Turunan Karet

  1. Mengaret
  2. Perkaretan
  3. Ngaret

Gabungan Kata Karet

  1. Karet alam
  2. Karet bongkah
  3. Karet busa
  4. Karet gelang
  5. Karet mentah
  6. Karet sintetis
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata karet adalah tumbuhan besar yang tingginya mencapai 25 m dan kulit batangnya menghasilkan getah yang digunakan sebagai bahan membuat ban, bola dan sebagainya. Arti lainnya dari karet adalah pohon para.

Karet memiliki 6 arti. Karet adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Karet memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga karet dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan dan adjektiva atau kata sifat sehingga karet dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Karet termasuk dalam ragam bahasa cakapan. Karet masuk ke dalam bahasa gaul yaitu ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan oleh anak muda dalam pergaulan sehari-hari.

Daftar IsiArtikel Terkait
Karet