Arti Kata Kartonyono di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Arti kata 'kartonyono' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kartonyono

Nama sebuah gedung tua yang berada di perempatan besar di pusat kota Ngawi yang karena inilah warga sekitar menamainya dengan Perempatan Kartonyono. Mungkin nama dari gedung tua ini berasal dari nama pemiliknya.

Perempatan kartonyono adalah tempat bertemunya Jalan Jendral Sudirman, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Yos Sudarso. Di tengah perempatan kartonyono ada sebuah tugu adipura berbentuk gading yang menjadi ikon dari kota Ngawi yang kemudian dikenal dengan nama Tugu Gading Kartonyono.

Kata kartonyono semakin populer karena menjadi judul lagu yang viral dari penyanyi asal Ngawi yaitu Denny Caknan dengan judul lagu Kartonyono Medot Janji yang merupakan kata dalam bahasa jawa yang jika diartikan dalam bahasa indonesia menjadi Di Kartonyono Janji Itu Diingkari.

Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kartonyono adalah nama sebuah gedung tua yang berada di perempatan besar di pusat kota Ngawi yang karena inilah warga sekitar menamainya dengan Perempatan Kartonyono. Mungkin nama dari gedung tua ini berasal dari nama pemiliknya. Perempatan kartonyono adalah tempat bertemunya Jalan Jendral Sudirman, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Yos Sudarso. Di tengah perempatan kartonyono ada sebuah tugu adipura berbentuk gading yang menjadi ikon dari kota Ngawi yang kemudian dikenal dengan nama Tugu Gading Kartonyono. Kata kartonyono semakin populer karena menjadi judul lagu yang viral dari penyanyi asal Ngawi yaitu Denny Caknan dengan judul lagu Kartonyono Medot Janji yang merupakan kata dalam bahasa jawa yang jika diartikan dalam bahasa indonesia menjadi Di Kartonyono Janji Itu Diingkari.

Kartonyono memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kartonyono dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Kartonyono