6 Arti Kata Kekuasaan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'kekuasaan' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Kekuasaan

Nomina (kata benda)
  1. Kuasa (untuk mengurus, memerintah dan sebagainya).
    Contoh: dia telah menggunakan kekuasaannya secara sewenang-wenang
  2. Daerah (tempat dan sebagainya) yang dikuasai.
    Contoh: bekas raja itu tidak mau pergi dari daerah bekas kekuasaannya meskipun sudah kalah perang
  3. Kemampuan orang atau golongan untuk menguasai orang atau golongan lain berdasarkan kewibawaan, wewenang, karisma, atau kekuatan fisik
  4. Fungsi menciptakan dan memantapkan kedamaian (keadilan) serta mencegah dan menindak ketidakdamaian atau ketidakadilan
  5. Kemampuan
  6. Kesanggupan.
    Contoh: tiada kekuasaan Allah untuk menciptakan dunia
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kekuasaan adalah kuasa (untuk mengurus, memerintah dan sebagainya). Contoh: dia telah menggunakan kekuasaannya secara sewenang-wenang. Arti lainnya dari kekuasaan adalah daerah (tempat dan sebagainya) yang dikuasai. Contoh: bekas raja itu tidak mau pergi dari daerah bekas kekuasaannya meskipun sudah kalah perang.

Kekuasaan memiliki 6 arti. Kekuasaan berasal dari kata dasar kuasa. Kekuasaan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Kekuasaan memiliki arti dalam bidang ilmu hukum. Kekuasaan memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kekuasaan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Kekuasaan