2 Arti Kata Kelopak di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 2 arti kata 'kelopak' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Kelopak

Nomina (kata benda)
  1. Sesuatu yang tipis yang menjadi penutup atau pembalut
  2. Bagian bunga yang berada pada lingkaran terluar, terdiri atas bagian yang umumnya berwarna hijau dan bentuknya menyerupai daun yang lazim disebut sepal, bagian ini melindungi bagian bunga lainnya yang ada pada lingkaran sebelah dalam pada waktu bunga belum mekar

Kata Turunan Kelopak

  1. Berkelopak
  2. Mengelopak
  3. Terkelopak

Gabungan Kata Kelopak

  1. Kelopak buluh
  2. Kelopak bunga
  3. Kelopak jantung
  4. Kelopak mata
  5. Kelopak salak
  6. Kelopak seroja
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kelopak adalah sesuatu yang tipis yang menjadi penutup atau pembalut. Arti lainnya dari kelopak adalah bagian bunga yang berada pada lingkaran terluar, terdiri atas bagian yang umumnya berwarna hijau dan bentuknya menyerupai daun yang lazim disebut sepal, bagian ini melindungi bagian bunga lainnya yang ada pada lingkaran sebelah dalam pada waktu bunga belum mekar.

Kelopak memiliki 2 arti. Kelopak adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Kelopak memiliki arti dalam bidang ilmu biologi.

Kelopak memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kelopak dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Kelopak