6 Arti Kata Kembung di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'kembung' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat) dan nomina (kata benda).

Kembung

Adjektiva (kata sifat)
  1. Senak dan terasa seperti berisi angin (tentang perut)
  2. Membesar (tentang perut) karena berisi gas hasil fermentasi yang tidak dapat dikeluarkan melalui mulut
  3. Menjadi gembung
  4. Melembung (karena kemasukan angin)
Nomina (kata benda)
  1. Ikan laut, panjang mencapai 35 cm, umur mencapai 4 tahun, hidup di perairan tropis dengan kedalaman 2090 m, tersebar di perairan indo-pasifik barat (laut merah dan afrika timur sampai indonesia, utara sampai kepulauan ryukyu dan cina, australia selatan, melanesia dan samoa)
  2. Lumbung.
    Contoh: kembung padi

Kata Turunan Kembung

  1. Mengembungkan

Gabungan Kata Kembung

  1. Kembung betina
  2. Kembung jantan
  3. Kembung kempis
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kembung adalah senak dan terasa seperti berisi angin (tentang perut). Arti lainnya dari kembung adalah membesar (tentang perut) karena berisi gas hasil fermentasi yang tidak dapat dikeluarkan melalui mulut.

Kembung memiliki 6 arti. Kembung adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Kembung memiliki arti dalam bidang ilmu kedokteran dan fisiologi.

Kembung memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga kembung dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. Kembung memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kembung dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Kembung