3 Arti Kata Kerbau di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'kerbau' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Kerbau

Nomina (kata benda)
  1. Orang bodoh
  2. Binatang memamah biak yang biasa diternakkan untuk diambil dagingnya atau untuk dipekerjakan (membajak, menarik pedati), rupanya seperti lembu dan agak besar, tanduknya panjang, suka berkubang, umumnya berbulu kelabu kehitam-hitaman
  3. Bos bubalus

Gabungan Kata Kerbau

  1. Kerbau air
  2. Kerbau balar
  3. Kerbau benuang
  4. Kerbau beras
  5. Kerbau jalang
  6. Kerbau melukut
  7. Kerbau pendek
  8. Kerbau perah
  9. Kerbau rawa
  10. Kerbau sungai
  11. Kerbau turun berendam

Peribahasa Kerbau

  1. Kerbau menanduk anak
  2. Kerbau punya susu, sapi punya nama
  3. Kerbau runcing tanduk
  4. Kerbau seratus dapat digembalakan, manusia seorang tiada terkawal
  5. Membeli kerbau di padang
  6. Menghambat kerbau berlabuh
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kerbau adalah orang bodoh. Arti lainnya dari kerbau adalah binatang memamah biak yang biasa diternakkan untuk diambil dagingnya atau untuk dipekerjakan (membajak, menarik pedati), rupanya seperti lembu dan agak besar, tanduknya panjang, suka berkubang, umumnya berbulu kelabu kehitam-hitaman.

Kerbau memiliki 3 arti. Kerbau adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari kerbau dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan kerbau dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

Kerbau memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kerbau dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Kerbau