4 Arti Kata Kerugian di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'kerugian' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja) dan nomina (kata benda).

Kerugian

Verba (kata kerja)

Menanggung atau menderita rugi.
Contoh: dalam delapan bulan saja perusahaan itu telah kerugian sampai sembilan juta rupiah.

Nomina (kata benda)
  1. Perihal rugi.
    Contoh: dengan mendapat borongan ratusan juta rupiah, kerugian dan utang perusahaan itu sudah teratasi, kerugian yang disebabkan oleh bencana alam itu belum diketahui dengan pasti
  2. Sesuatu yang dianggap mendatangkan rugi (tentang kerusakan).
    Contoh: pengeboman itu menimbulkan kerugian besar kepada musuh
  3. Ganti rugi.
    Contoh: pihak penabrak diharuskan membayar kerugian sebesar rp500.000,00
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kerugian adalah menanggung atau menderita rugi. Contoh: dalam delapan bulan saja perusahaan itu telah kerugian sampai sembilan juta rupiah. Arti lainnya dari kerugian adalah perihal rugi. Contoh: dengan mendapat borongan ratusan juta rupiah, kerugian dan utang perusahaan itu sudah teratasi, kerugian yang disebabkan oleh bencana alam itu belum diketahui dengan pasti.

Kerugian memiliki 4 arti. Kerugian berasal dari kata dasar rugi. Kerugian adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Kerugian memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga kerugian dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya dan nomina atau kata benda sehingga kerugian dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Kerugian