5 Arti Kata Ketang di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'ketang' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda) dan adjektiva (kata sifat).

Ketang

Nomina (kata benda)
  1. Ketam besar dan kuat yang hidup di daerah pantai yang berbatu, biasa makan buah nyiur (terdapat di ternate dan sekitarnya)
  2. Ikan laut, payau, atau air tawar, ukurannya mencapai 38 cm, hidup di perairan tropis dengan kedalaman 14 m, tersebar di perairan kuwait sampai fiji, bagian utara sampai jepang bagian selatan, bagian selatan sampai kaledonia baru
  3. Scatophagus argus
Adjektiva (kata sifat)
  1. Erat mengikat (seperti memakai ikat pinggang yang erat)
  2. Sempit atau ketat (tentang baju).
    Contoh: kemeja anak itu terlalu ketang
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata ketang adalah ketam besar dan kuat yang hidup di daerah pantai yang berbatu, biasa makan buah nyiur (terdapat di ternate dan sekitarnya). Arti lainnya dari ketang adalah ikan laut, payau, atau air tawar, ukurannya mencapai 38 cm, hidup di perairan tropis dengan kedalaman 14 m, tersebar di perairan kuwait sampai fiji, bagian utara sampai jepang bagian selatan, bagian selatan sampai kaledonia baru.

Ketang memiliki 5 arti. Ketang memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga ketang dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Ketang adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Ketang memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga ketang dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. Ketang termasuk dalam ragam bahasa arkais.

Daftar IsiArtikel Terkait
Ketang