5 Arti Kata Kiri di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'kiri' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda) dan adjektiva (kata sifat).

Kiri

Nomina (kata benda)
  1. Arah, pihak, atau sisi bagian badan kita yang berisi jantung
  2. Sebutan kepada partai (golongan) berhaluan sosialisme yang lama yang menghendaki perubahan secara radikal (tentang politik, partai dan sebagainya).
    Contoh: orang-orang kiri biasanya condong ke paham komunis
Adjektiva (kata sifat)
  1. Sial, tidak mujur.
    Contoh: langkah kiri
  2. Selalu berbuat (bekerja) dengan tangan kiri
  3. Kidal.
    Contoh: orang kiri itu jika bekerja kelihatan janggal

Kata Turunan Kiri

  1. Mengirikan

Gabungan Kata Kiri

  1. Kiri baru
  2. Kiri dalam
  3. Kiri kanan
  4. Kiri luar
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kiri adalah arah, pihak, atau sisi bagian badan kita yang berisi jantung. Arti lainnya dari kiri adalah sebutan kepada partai (golongan) berhaluan sosialisme yang lama yang menghendaki perubahan secara radikal (tentang politik, partai dan sebagainya). Contoh: orang-orang kiri biasanya condong ke paham komunis.

Kiri memiliki 5 arti. Kiri adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Kiri memiliki arti dalam bidang ilmu politik dan pemerintahan.

Arti dari kiri dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan kiri dapat bukan dalam arti yang sebenarnya. Kiri memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kiri dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan dan adjektiva atau kata sifat sehingga kiri dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Daftar IsiArtikel Terkait
Kiri