5 Arti Kata Kodifikasi di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'kodifikasi' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Kodifikasi

Nomina (kata benda)
  1. Penggolongan hukum dan undang-undang berdasarkan asas-asas tertentu dalam buku undang-undang yang baku
  2. Pencatatan norma yang telah dihasilkan oleh pembakuan dalam bentuk buku tata bahasa, seperti pedoman lafal, pedoman ejaan, pedoman pembentukan istilah, atau kamus
  3. Pemberian nomor atau lambang pada perkiraan pos, jurnal, faktur, atau dokumen lain yang berfungsi sebagai alat untuk membedakan pos yang satu dengan lainnya yang termasuk satu golongan
  4. Himpunan berbagai peraturan menjadi undang-undang
  5. Hal penyusunan kitab perundang-undangan

Kata Turunan Kodifikasi

  1. Mengodifikasikan
  2. Pengodifikasian
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kodifikasi adalah penggolongan hukum dan undang-undang berdasarkan asas-asas tertentu dalam buku undang-undang yang baku. Arti lainnya dari kodifikasi adalah pencatatan norma yang telah dihasilkan oleh pembakuan dalam bentuk buku tata bahasa, seperti pedoman lafal, pedoman ejaan, pedoman pembentukan istilah, atau kamus.

Kodifikasi memiliki 5 arti. Kodifikasi adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Kodifikasi memiliki arti dalam bidang ilmu hukum, linguistik dan ekonomi dan keuangan.

Kodifikasi memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kodifikasi dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Kodifikasi