4 Arti Kata Kok di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'kok' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Kok

Nomina (kata benda)

Bola dalam permainan bulu tangkis, terbuat dari gabus berbentuk setengah bulatan yang dilapisi kulit tipis, pada bagian yang rata diberi bulu-bulu unggas yang dipasang berdiri melingkar sepanjang pinggirnya.

Lain-lain
  1. Kata yang digunakan untuk menekankan atau menguatkan maksud.
    Contoh: bukan aku kok yang menyuruh
  2. Mengapa
  3. Kenapa.
    Contoh: kok dia tidak datang?
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kok adalah bola dalam permainan bulu tangkis, terbuat dari gabus berbentuk setengah bulatan yang dilapisi kulit tipis, pada bagian yang rata diberi bulu-bulu unggas yang dipasang berdiri melingkar sepanjang pinggirnya. Arti lainnya dari kok adalah kata yang digunakan untuk menekankan atau menguatkan maksud. Contoh: bukan aku kok yang menyuruh.

Kok memiliki 4 arti. Kok memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kok dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Kok adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Kok memiliki arti dalam kelas partikel yaitu kata yang tidak tertakluk pada perubahan bentuk dan hanya berfungsi menampilkan unsur yang diiringinya. Kok termasuk dalam ragam bahasa cakapan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Kok