6 Arti Kata Krusial di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'krusial' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata adjektiva (kata sifat).

Krusial

Adjektiva (kata sifat)
  1. Penting atau esensial untuk memecahkan masalah.
    Contoh: kesehatan jasmani dan rohani merupakan hal yang krusial dalam hidup
  2. Menentukan.
    Contoh: kepincangan yang tampak, baik pada ketenagakerjaan maupun pendidikan dasar, merupakan aspek yang krusial pada pembangunan sosial sehingga akan memengaruhi sektor perekonomian
  3. Rumit, sulit sekali.
    Contoh: percaturan politik di negara itu menjadi krusial karena ulah negara adikuasa
  4. Berkenaan dengan kehancuran perusahaan
  5. Gawat
  6. Genting.
    Contoh: persoalan itu sangat krusial sehingga perlu ditangani dengan segera
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata krusial adalah penting atau esensial untuk memecahkan masalah. Contoh: kesehatan jasmani dan rohani merupakan hal yang krusial dalam hidup. Arti lainnya dari krusial adalah menentukan. Contoh: kepincangan yang tampak, baik pada ketenagakerjaan maupun pendidikan dasar, merupakan aspek yang krusial pada pembangunan sosial sehingga akan memengaruhi sektor perekonomian.

Krusial memiliki 6 arti. Krusial adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Krusial memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga krusial dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Krusial