3 Arti Kata Litani di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'litani' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Litani

Nomina (kata benda)
  1. Doa yang kata-katanya tertentu dan diungkapkan secara sambut-menyambut pada upacara kebaktian di gereja, mula-mula oleh pastor yang memimpin misa, kemudian disambut oleh seluruh jemaat (doa ini sering dinyanyikan)
  2. Puisi atau prosa berirama yang berisi doa, permohonan, mantra, bentuk yang sama dapat pula dituangkan dalam suatu komposisi musik, misalnya litani ciptaan mozart
  3. Pembawaan puisi secara bersama dan bersahutsahutan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata litani adalah doa yang kata-katanya tertentu dan diungkapkan secara sambut-menyambut pada upacara kebaktian di gereja, mula-mula oleh pastor yang memimpin misa, kemudian disambut oleh seluruh jemaat (doa ini sering dinyanyikan). Arti lainnya dari litani adalah puisi atau prosa berirama yang berisi doa, permohonan, mantra, bentuk yang sama dapat pula dituangkan dalam suatu komposisi musik, misalnya litani ciptaan mozart.

Litani memiliki 3 arti. Litani adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Litani memiliki arti dalam bidang ilmu agama katolik.

Litani memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga litani dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Litani