6 Arti Kata Lontar di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'lontar' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja) dan nomina (kata benda).

Lontar

Verba (kata kerja)

Melontar.

Nomina (kata benda)
  1. Daun pohon lontar yang digunakan orang untuk menulis cerita dan sebagainya
  2. Naskah kuno yang tertulis pada daun lontar
  3. Pohon palem yang tumbuh tunggal, batangnya lurus, tinggi mencapai 30 m, daunnya berbentuk kipas yang bundar, tepinya berlekuk-lekuk dan lancip, buahnya besar dan bulat, dari dalamnya berserabut, berair dan berbiji tiga, perbungaannya disadap menghasilkan nira
  4. Pohon siwalan
  5. Borassus flabellifer

Kata Turunan Lontar

  1. Berlontaran
  2. Lontaran
  3. Melontar
  4. Melontari
  5. Melontarkan
  6. Pelontar
  7. Pelontaran
  8. Sepelontar

Gabungan Kata Lontar

  1. Lontar hutan
  2. Lontar martil
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata lontar adalah melontar. Arti lainnya dari lontar adalah daun pohon lontar yang digunakan orang untuk menulis cerita dan sebagainya.

Lontar memiliki 6 arti. Lontar memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga lontar dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Lontar adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Lontar memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga lontar dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Lontar