4 Arti Kata Lubuk di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'lubuk' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda) dan adjektiva (kata sifat).

Lubuk

Nomina (kata benda)
  1. Bagian yang dalam di sungai (laut, danau dan sebagainya).
    Contoh: menangkap ikan di lubuk
  2. Berlekuk dalam
  3. Jeluk.
    Contoh: piring lubuk, pinggan lubuk
Adjektiva (kata sifat)

Daerah hidrosfer yang kedalamannya dapat mencapai 6.000 kaki atau lebih di lautan dan 1.000 kaki atau lebih di danau dan yang tidak tertembus oleh cahaya matahari.

Gabungan Kata Lubuk

  1. Lubuk hati
  2. Lubuk jiwa

Peribahasa Lubuk

  1. Bagai batu jatuh ke lubuk
  2. Lubuk akal lautan tepian ilmu budi
  3. Lubuk menjadi pantai, pantai menjadi lubuk
  4. Tahu di dalam lubuk
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata lubuk adalah bagian yang dalam di sungai (laut, danau dan sebagainya). Contoh: menangkap ikan di lubuk. Arti lainnya dari lubuk adalah berlekuk dalam.

Lubuk memiliki 4 arti. Lubuk adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Lubuk memiliki arti dalam bidang ilmu hidrologi.

Lubuk memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga lubuk dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan dan adjektiva atau kata sifat sehingga lubuk dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Lubuk