2 Arti Kata Mantra di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 2 arti kata 'mantra' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Mantra

Nomina (kata benda)
  1. Perkataan atau ucapan yang memiliki kekuatan gaib (misalnya dapat menyembuhkan, mendatangkan celaka dan sebagainya).
    Contoh: upacara itu dimulai dengan pembacaan mantra
  2. Susunan kata berunsur puisi (seperti rima, irama) yang dianggap mengandung kekuatan gaib, biasanya diucapkan oleh dukun atau pawang untuk menandingi kekuatan gaib yang lain

Kata Turunan Mantra

  1. Memantrai
  2. Memantrakan

Gabungan Kata Mantra

  1. Mantra gajah
  2. Mantra kejahatan
  3. Mantra keselamatan
  4. Mantra penawar
  5. Mantra pitanggang
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata mantra adalah perkataan atau ucapan yang memiliki kekuatan gaib (misalnya dapat menyembuhkan, mendatangkan celaka dan sebagainya). Contoh: upacara itu dimulai dengan pembacaan mantra. Arti lainnya dari mantra adalah susunan kata berunsur puisi (seperti rima, irama) yang dianggap mengandung kekuatan gaib, biasanya diucapkan oleh dukun atau pawang untuk menandingi kekuatan gaib yang lain.

Mantra memiliki 2 arti. Mantra adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Mantra memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga mantra dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Mantra