2 Arti Kata Mazhab di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 2 arti kata 'mazhab' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda).

Mazhab

Nomina (kata benda)
  1. Haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat islam (dikenal empat mazhab, yaitu mazhab hanafi, maliki, syafii dan hambali).
    Contoh: umat islam di indonesia banyak yang menganut mazhab syafii
  2. Golongan pemikir yang sepaham dalam teori, ajaran, atau aliran tertentu di bidang ilmu, cabang kesenian dan sebagainya dan yang berusaha memajukan hal itu.
    Contoh: mazhab ekonomi, mazhab seni lukis

Kata Turunan Mazhab

  1. Bermazhab
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat islam (dikenal empat mazhab, yaitu mazhab hanafi, maliki, syafii dan hambali). Contoh: umat islam di indonesia banyak yang menganut mazhab syafii. Arti lainnya dari mazhab adalah golongan pemikir yang sepaham dalam teori, ajaran, atau aliran tertentu di bidang ilmu, cabang kesenian dan sebagainya dan yang berusaha memajukan hal itu. Contoh: mazhab ekonomi, mazhab seni lukis.

Mazhab memiliki 2 arti. Mazhab adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Mazhab memiliki arti dalam bidang ilmu agama islam.

Mazhab memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga mazhab dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Daftar IsiArtikel Terkait
Mazhab