3 Arti Kata Memancangkan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 3 arti kata 'memancangkan' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Memancangkan

Verba (kata kerja)
  1. Memasang (menancapkan) pancang (tiang dan sebagainya) ke tanah.
    Contoh: para petugas pln itu sedang memancangkan tiang listrik
  2. Memasang (iklan, pengumuman dan sebagainya di surat kabar dan sebagainya).
    Contoh: perguruan tinggi swasta itu memancangkan iklan di surat kabar
  3. Menanamkan (kekuasaan, pengaruh dan sebagainya di suatu negeri).
    Contoh: negara itu memancangkan kekuasaan di daerah jajahannya
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata memancangkan adalah memasang (menancapkan) pancang (tiang dan sebagainya) ke tanah. Contoh: para petugas pln itu sedang memancangkan tiang listrik. Arti lainnya dari memancangkan adalah memasang (iklan, pengumuman dan sebagainya di surat kabar dan sebagainya). Contoh: perguruan tinggi swasta itu memancangkan iklan di surat kabar.

Memancangkan memiliki 3 arti. Memancangkan berasal dari kata dasar pancang. Memancangkan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Arti dari memancangkan dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan memancangkan dapat bukan dalam arti yang sebenarnya. Memancangkan memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga memancangkan dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Memancangkan