5 Arti Kata Membidas di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'membidas' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Membidas

Verba (kata kerja)
  1. Bergerak (terlepas, memantul) dengan cepat karena digerakkan oleh barang yang melenting atau karena dilepaskan tahanannya (seperti anak panah terlepas dari tali busurnya).
    Contoh: apabila terinjak tangkainya, membidaslah jerat itu
  2. Maju menyerang (menembus).
    Contoh: serangan itu diperhebat supaya dapat membidas daerah musuh
  3. Membalas serangan (kecaman dan sebagainya).
    Contoh: jawaban itu dimaksudkan untuk membidas pihak oposisi
  4. Bergerak membalik
  5. Memantul.
    Contoh: apabila kaulepaskan, dahan itu akan membidas
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata membidas adalah bergerak (terlepas, memantul) dengan cepat karena digerakkan oleh barang yang melenting atau karena dilepaskan tahanannya (seperti anak panah terlepas dari tali busurnya). Contoh: apabila terinjak tangkainya, membidaslah jerat itu. Arti lainnya dari membidas adalah maju menyerang (menembus). Contoh: serangan itu diperhebat supaya dapat membidas daerah musuh.

Membidas memiliki 5 arti. Membidas berasal dari kata dasar bidas. Membidas adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Membidas memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga membidas dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Membidas