4 Arti Kata Memilin di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 4 arti kata 'memilin' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Memilin

Verba (kata kerja)
  1. Memulas atau memintal (dua atau tiga utas benang, tali dan sebagainya) dengan jari, telapak tangan dan sebagainya.
    Contoh: memilin tali, memilin benang tiga helai, mesin pembuat kabel memilin beberapa kawat listrik itu sehingga menjadi kabel listrik
  2. Menjepit dengan jari lalu diputar (dipulas).
    Contoh: memilin misai, memilin telinga, menjewer dan memutar telinga
  3. Terasa sakit pada perut, seperti dijepit dan diputar
  4. Mulas.
    Contoh: perutnya memilin karena terlampau banyak makan sambal
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata memilin adalah memulas atau memintal (dua atau tiga utas benang, tali dan sebagainya) dengan jari, telapak tangan dan sebagainya. Contoh: memilin tali, memilin benang tiga helai, mesin pembuat kabel memilin beberapa kawat listrik itu sehingga menjadi kabel listrik. Arti lainnya dari memilin adalah menjepit dengan jari lalu diputar (dipulas). Contoh: memilin misai, memilin telinga, menjewer dan memutar telinga.

Memilin memiliki 4 arti. Memilin berasal dari kata dasar pilin. Memilin adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Memilin memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga memilin dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Memilin