5 Arti Kata Memuaskan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'memuaskan' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Memuaskan

Verba (kata kerja)
  1. Memberi kepuasaan (kesenangan dan sebagainya) kepada.
    Contoh: kekayaan dan kemewahan tidak dapat memuaskan hatinya, putusan hakim itu agaknya sudah memuaskan kedua belah pihak
  2. Menjadikan puas
  3. Memberi (memenuhi, menuruti dan sebagainya) hingga puas.
    Contoh: memuaskan dahaga (haus), minum hingga hilang rasa dahaganya, memuaskan dendam, membalas dendam, adat kebiasaan yang lama itu menjadi goyah, tidak memuaskan lagi, jawabannya sangat memuaskan
  4. Memadai (harapan, hasrat dan sebagainya)
  5. Menyenangkan.
    Contoh: hasil ujiannya tahun ini sangat memuaskan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata memuaskan adalah memberi kepuasaan (kesenangan dan sebagainya) kepada. Contoh: kekayaan dan kemewahan tidak dapat memuaskan hatinya, putusan hakim itu agaknya sudah memuaskan kedua belah pihak. Arti lainnya dari memuaskan adalah menjadikan puas.

Memuaskan memiliki 5 arti. Memuaskan berasal dari kata dasar puas. Memuaskan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Memuaskan memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga memuaskan dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar Isi
Artikel Terkait
Memuaskan