5 Arti Kata Menangkis di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'menangkis' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Menangkis

Verba (kata kerja)
  1. Menolak atau menahan (pukulan atau serangan dengan senjata dan sebagainya) dengan menggunakan tangan, perisai dan sebagainya).
    Contoh: tangannya terluka ketika menangkis serangan golok perampok
  2. Menghadapi, melawan dan menggagalkan (serangan dan sebagainya).
    Contoh: satuan pertahanan pantai berhasil menangkis serangan dari laut
  3. Menahan dan memukul kembali.
    Contoh: pesilat itu dengan tangkas menangkis serangan lawannya
  4. Menjawab
  5. Menanggapi (kecaman, tuduhan dan sebagainya).
    Contoh: terdakwa menangkis segala tuduhan terhadapnya
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata menangkis adalah menolak atau menahan (pukulan atau serangan dengan senjata dan sebagainya) dengan menggunakan tangan, perisai dan sebagainya). Contoh: tangannya terluka ketika menangkis serangan golok perampok. Arti lainnya dari menangkis adalah menghadapi, melawan dan menggagalkan (serangan dan sebagainya). Contoh: satuan pertahanan pantai berhasil menangkis serangan dari laut.

Menangkis memiliki 5 arti. Menangkis berasal dari kata dasar tangkis. Menangkis adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Menangkis memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menangkis dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Menangkis