5 Arti Kata Mencekik di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 5 arti kata 'mencekik' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Mencekik

Verba (kata kerja)
  1. Memegang dan mencekam leher (merih) sehingga yang dipegang dan dicekam tidak dapat ber napas.
    Contoh: dalam perkelahian itu, ia berhasil mencekik leher musuh nya
  2. Mahal sekali (tentang harga).
    Contoh: harganya mencekik leher
  3. Makan
  4. Mematikan
  5. Menindas.
    Contoh: pengusaha besar itu berusaha dengan segala cara untuk mencekik pengusaha kecil, tengkulak dengan sistem ijon selalu mencekik petani
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata mencekik adalah memegang dan mencekam leher (merih) sehingga yang dipegang dan dicekam tidak dapat ber napas. Contoh: dalam perkelahian itu, ia berhasil mencekik leher musuh nya. Arti lainnya dari mencekik adalah mahal sekali (tentang harga). Contoh: harganya mencekik leher.

Mencekik memiliki 5 arti. Mencekik berasal dari kata dasar cekik. Mencekik adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Arti dari mencekik dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan mencekik dapat bukan dalam arti yang sebenarnya. Mencekik memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga mencekik dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Mencekik termasuk dalam ragam bahasa arkais.

Daftar IsiArtikel Terkait
Mencekik