6 Arti Kata Menembusi di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdapat 6 arti kata 'menembusi' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja).

Menembusi

Verba (kata kerja)
  1. Melubangi (menikam, menusuk dan sebagainya) hingga tembus.
    Contoh: tukang itu mampu menembusi besi yang tebal dengan alat yang sederhana, dengan menembusi gunung itu, dapatlah air danau ini dialirkan ke sawah-sawah
  2. Masuk (seakan-akan melalui lubang).
    Contoh: peluru itu menembusi dahi sampai ke kepala sebelah belakang
  3. Melantas (meresap, merembes).
    Contoh: ada jenis sinar yang dapat menembusi bagian tubuh manusia
  4. Terus sampai (ke luar, timbul).
    Contoh: mula-mula air bergenang di situ, lalu menembusi ke danau
  5. Mendobrak
  6. Menerobos.
    Contoh: barisan depan kesebelasan kita belum mampu menembusi barisan belakang kesebelasan lawan
Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata menembusi adalah melubangi (menikam, menusuk dan sebagainya) hingga tembus. Contoh: tukang itu mampu menembusi besi yang tebal dengan alat yang sederhana, dengan menembusi gunung itu, dapatlah air danau ini dialirkan ke sawah-sawah. Arti lainnya dari menembusi adalah masuk (seakan-akan melalui lubang). Contoh: peluru itu menembusi dahi sampai ke kepala sebelah belakang.

Menembusi memiliki 6 arti. Menembusi berasal dari kata dasar tembus. Menembusi adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Menembusi memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menembusi dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Daftar IsiArtikel Terkait
Menembusi